Secara singkat, B2C dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik di
mana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan penjualan langsung
barang-barangnya kepada pembeli (consumer).
B2C
Merupakan model transaksi yang berbasis internet dan Web, sehingga cangkupan
bisnis dapat lebih luas dari sekedar transaksi jual – beli barang online.
Namun, dapat juga perbankan secara online, pelayanan perjalanan, pelelangan,
kesehatan, perumahan dan lainnya.
B2C
Mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Informasi
disebarkan secara umum
2. pelayanan
yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang
3. pelayanan
yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka
pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut
4.
pendekatan yang dilakukan adalah Client Server dimana konsumen berada pada sisi
Client, dengan menggunakan web browser untuk mengaksesnya, dan pelaku usaha
beradapada sisi server.
Secara umum
B2C Terbagi menjadi 4 tipe yaitu :
1. Auction
Stories
merupakan tempat untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan, Misalnya untuk mengiklankan produk perusahaan dan cara pembayarannya, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan karena penawaran yang sangat banyak dari berbagai Negara.
merupakan tempat untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan, Misalnya untuk mengiklankan produk perusahaan dan cara pembayarannya, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan karena penawaran yang sangat banyak dari berbagai Negara.
Contoh : http://www.ebay.com
atau http://www.swinde.com
2. Online
Stories
merupakan tempat menjual dan membeli secara digital dengan cara memilih, memesan barang lewat interner tanpa harus adanya tatap muka antara penjual dan pembeli maupun dengan barang dagangan yang dibeli.
merupakan tempat menjual dan membeli secara digital dengan cara memilih, memesan barang lewat interner tanpa harus adanya tatap muka antara penjual dan pembeli maupun dengan barang dagangan yang dibeli.
Contoh : http://www.amazon.com
atau http://www.tokopedia.com
dan lain sebagainya
3. Online
Services
merupakan layanan untuk meminta informasi dan pelayanan lain dari satu perusahaan dengan cepat dan mudah atau dapat melakukan proses jual – beli seperti jasa tiket perjalanan, jasa perbaikan alat atau mesin dan lainnya.
merupakan layanan untuk meminta informasi dan pelayanan lain dari satu perusahaan dengan cepat dan mudah atau dapat melakukan proses jual – beli seperti jasa tiket perjalanan, jasa perbaikan alat atau mesin dan lainnya.
4. Other
Services
merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk penjualan produk dan jasa diluar dari layanan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana masyarakat secara umum dapat lebih ekspresif dalam penyampaian pendapat mengenai hal yang lebih luas.
merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk penjualan produk dan jasa diluar dari layanan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana masyarakat secara umum dapat lebih ekspresif dalam penyampaian pendapat mengenai hal yang lebih luas.
Contoh : http://www.kaskus.com
, http://www.facebook.com
Ada 7
Pelayanan B2C yaitu :
1. Memuat contoh produk yang di
jual beserta informasi
2. Melakukan transaksi penjualan barang
3. Melakukan transaksi pembayaran barang
4. Melakukan transaksi pengiriman barang
5. Menbuat berita-berita terbaru tentang produk
6. Menginformasikan lokasi penjualan dan layanan
7. Memberikan pelayanan secara lengkap
Ada 2 Produk
B2C yaitu :
1. Produk
Digital : Lagu, album, film, program computer, aplikasi, dan lainnya. Produk
Digital merupakan produk yang dapat digunakan sesegera mungkin setelah diunduh
2. Produk Fisik : benda yang memiliki bentuk dan dapat disentuh. Penjual dapat memuat melalui internet, namun pengiriman barang harus diatur, perkembangan surat pribadi/perusahaan yang semakin modern secara tidak langsung membantu penjualan e-commerce.
2. Produk Fisik : benda yang memiliki bentuk dan dapat disentuh. Penjual dapat memuat melalui internet, namun pengiriman barang harus diatur, perkembangan surat pribadi/perusahaan yang semakin modern secara tidak langsung membantu penjualan e-commerce.
B2C tidak terlalu membutuhkan akuntanbilitas yang baik dan hubungan yang
formal dengan pelanggan dalam transaksinya. Hal ini tentu berbeda dengan B2B
yang mensyaratkan hal-hal tersebut demi menjaga profesionalitas dengan
perusahaan yang menjadi partner-nya. Selain itu, karakteristik yang
paling menonjol dari B2C adalah kemampuannya untuk membuat sebuah direct
relationship dengan konsumen tanpa campur tangan pihak perantara, seperti
distributor.
Pada awal pertumbuhannya, perusahaan-perusahaan retailer yang telah
ada (seperti departement store) belum memainkan peranan penting dalam
pasar B2C. Website yang dibangun pada umumnya hanya berfungsi sebagai media
publikasi dan tidak interaktif. Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian
pengunjung melalui website agar mendatangi toko di dunia nyata (physical
store)
Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran barang
kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian
layanan kepada konsumen yang cukup baik
Lantas, produk-produk dengan karakteristik seperti apakah yang diperkirakan
menghasilkan volume penjualan yang besar di pasar B2C? Berikut ini adalah
beberapa karakteristiknya.
- Merek
terkenal
- Barang-barang
terdigitisasi, seperti e-book
- Harga
terjangkau
- Barang-barang
yang cukup sering dicari dalam keseharian (seperti sayur, obat)
- Barang
yang tidak dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko tradisional
Beberapa kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :
- Konsumen dapat
mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media
internet
- Membeli dengan
electronic cash & sistem secure payment
- Meminta agar barang
yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang
tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
- Harga yang diajukan
masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat
dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu.
- Media pembayaran
yang digunakan berupa kartu kredit
Sumber: http://reviiwijaya.wordpress.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar