Minggu, 05 Oktober 2014

B2C (Bussiness to Consumer)

B2C yaitu merupakan usaha atau transaksi yang dilakukan secara langsung oleh pelaku bisnis yaitu dari pengusaha kepada konsumen sebagai pengguna langsung suatu produk barang atau jasa.

Secara singkat, B2C dapat diartikan sebagai jenis perdagangan elektronik di mana ada sebuah perusahaan (business) yang melakukan penjualan langsung barang-barangnya kepada pembeli (consumer).

B2C Merupakan model transaksi yang berbasis internet dan Web, sehingga cangkupan bisnis dapat lebih luas dari sekedar transaksi jual – beli barang online. Namun, dapat juga perbankan secara online, pelayanan perjalanan, pelelangan, kesehatan, perumahan dan lainnya.

B2C Mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Informasi disebarkan secara umum
2. pelayanan yang diberikan bersifat umum sehingga banyak digunakan oleh banyak orang
3. pelayanan yang diberikan berdasarkan permintaan. Konsumen melakukan permintaan, maka pelaku usaha harus cepat dan siap merespon permintaan konsumen tersebut
4. pendekatan yang dilakukan adalah Client Server dimana konsumen berada pada sisi Client, dengan menggunakan web browser untuk mengaksesnya, dan pelaku usaha beradapada sisi server.

Secara umum B2C Terbagi menjadi 4 tipe yaitu :

1. Auction Stories 
merupakan tempat untuk memberikan pelayanan dalam bidang perdagangan, Misalnya untuk mengiklankan produk perusahaan dan cara pembayarannya, sehingga dapat memaksimalkan keuntungan karena penawaran yang sangat banyak dari berbagai Negara.

2. Online Stories 
merupakan tempat menjual dan membeli secara digital dengan cara memilih, memesan barang lewat interner tanpa harus adanya tatap muka antara penjual dan pembeli maupun dengan barang dagangan yang dibeli.
Contoh : http://www.amazon.com atau http://www.tokopedia.com dan lain sebagainya

3. Online Services 
merupakan layanan untuk meminta informasi dan pelayanan lain dari satu perusahaan dengan cepat dan mudah atau dapat melakukan proses jual – beli seperti jasa tiket perjalanan, jasa perbaikan alat atau mesin dan lainnya.

4. Other Services 
merupakan layanan yang menyediakan fasilitas untuk penjualan produk dan jasa diluar dari layanan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dimana masyarakat secara umum dapat lebih ekspresif dalam penyampaian pendapat mengenai hal yang lebih luas.


Ada 7 Pelayanan B2C yaitu :
1. Memuat contoh produk yang di jual beserta informasi
2. Melakukan transaksi penjualan barang

3. Melakukan transaksi pembayaran barang

4. Melakukan transaksi pengiriman barang
5. Menbuat berita-berita terbaru tentang produk
6. Menginformasikan lokasi penjualan dan layanan
7. Memberikan pelayanan secara lengkap



Ada 2 Produk B2C yaitu :

1. Produk Digital : Lagu, album, film, program computer, aplikasi, dan lainnya. Produk Digital merupakan produk yang dapat digunakan sesegera mungkin setelah diunduh

2. Produk Fisik : benda yang memiliki bentuk dan dapat disentuh. Penjual dapat memuat melalui internet, namun pengiriman barang harus diatur, perkembangan surat pribadi/perusahaan yang semakin modern secara tidak langsung membantu penjualan e-commerce.

B2C tidak terlalu membutuhkan akuntanbilitas yang baik dan hubungan yang formal dengan pelanggan dalam transaksinya. Hal ini tentu berbeda dengan B2B yang mensyaratkan hal-hal tersebut demi menjaga profesionalitas dengan perusahaan yang menjadi partner-nya. Selain itu, karakteristik yang paling menonjol dari B2C adalah kemampuannya untuk membuat sebuah direct relationship dengan konsumen tanpa campur tangan pihak perantara, seperti distributor.

Pada awal pertumbuhannya, perusahaan-perusahaan retailer yang telah ada (seperti departement store) belum memainkan peranan penting dalam pasar B2C. Website yang dibangun pada umumnya hanya berfungsi sebagai media publikasi dan tidak interaktif. Tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian pengunjung melalui website agar mendatangi toko di dunia nyata (physical store)

Kesuksesan dari B2C pada dasarnya dikarenakan faktor penawaran barang kualitas tinggi dengan harga murah dan banyak pula dikarenakan pemberian layanan kepada konsumen yang cukup baik
Lantas, produk-produk dengan karakteristik seperti apakah yang diperkirakan menghasilkan volume penjualan yang besar di pasar B2C? Berikut ini adalah beberapa karakteristiknya.
  1. Merek terkenal
  2. Barang-barang terdigitisasi, seperti e-book
  3. Harga terjangkau
  4. Barang-barang yang cukup sering dicari dalam keseharian (seperti sayur, obat)
  5. Barang yang tidak dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko tradisional
Beberapa kelebihan dari B2C adalah sebagai berikut :

  1. Konsumen dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media internet
  2. Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
  3. Meminta agar barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak. 
  4. Harga yang diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu. 
  5. Media pembayaran yang digunakan berupa kartu kredit


Sumber: http://reviiwijaya.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar