BAB I
PENDAHULUAN
1. LATAR BELAKANG
Dengan lahirnya dan pesatnya perkembangan
dari internet menjadi salah satu
infrastruktur komunikasi yang termurah dan dengan tingkat penerimaan yang luas,
maka penggunaan internet sebagai
fasilitas pendukung dan bahkan sebagai urat nadi bisnis menjadi semakin nyata
keunggulannya. Salah satu tren yang menyertai bisnis dalam jaringan internet adalah e-commerce baik business-to-customer
maupun busines-to-business. Dengan
membawa keunggulan internet seperti
pelayanan 24 jam, akses dari segala penjuru dengan biaya yang relatif murah dan
kemudahan-kemudahan lainnya, maka tidaklah mengherankan jika sekarang banyak
organisasi bisnis yang merambah ke dalam e-commerce.
Besarnya peranan e-commerce pada perekonomian banyak negara telah membuat e-commerce menjadi salah satu mata
kuliah yang banyak ditawarkan bagi mahasiswa baik teknik maupun bisnis. Hal ini
tidak pernah terjadi bagi teknologi lainnya seperti untuk TV-commerce, radio-commerce, direct mail- commerce. Oleh karena itu
dengan jelas telah terlihat besarnya implikasi dan bobot dari e-commerce bagi perekonomian global.
Melihat begitu banyaknya keuntungan yang
dapat ditawarkan oleh e-commerce dan
tingkat perkembangan Internet yang
begitu pesat baik di Indonesia maupun secara global maka Mainan Bocah
mengajukan e-commerce sebagai basis informasinya melihat peluang yang akan
didapatkan dari e-commerce dalam
menjalankan bisnisnya dalam bidang penjualan mainan dan perangkatnya. Dengan
membangun situs e-commerce terpadu
untuk perusahaan-perusahaan pelanggannya, maka Toko Online Mainan Bocah
mengharapkan nilai tambah dalam model bisnis yang akan memperkuat nilai
kompetitif usahanya. Oleh karena hal ini sebuah situs e-commerce akan dibangun sebagai sarana dalam transaksi bisnisnya.
2.
LANDASAN TEORI
2.1 Konsep Dasar Sistem
Sistem
terbagi menjadi dua pendekatan, yaitu dilihat dari pendekatan sistem yang
menekankan pada prosedurnya dan pedekatan sistem yang menekankan pada elemen/
komponennya.
Sistem
dilihat dari prosedurnya. Sistem adalah suatu jaringan kerja dari
prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk
melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu susunan sasaran yang
tertentu.
2.2 Konsep Dasar Informasi
Internet
commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan
komunikasi untuk perdagangan. Kegiatan komersial ini seperti iklan dalam
penjualan produk dan jasa. Transaksi yang dapat dilakukan di internet antara
lain pemesanan/pembelian barang dimana barang akan dikirim melalui pos atau
sarana lain setelah uang ditransfer ke rekening penjual.
Penggunaan
internet sebagai media pemasaran dan saluran penjualan terbukti mempunyai
keuntungan antara lain untuk beberapa produk tertentu lebih sesuai ditawarkan
melalui internet; harga lebih murah mengingat membuat situs di internet lebih
murah biayanya dibandingkan dengan membuka outlet retail di berbagai tempat;
internet merupakan media promosi perusahaan dan produk yang paling tepat dengan
harga yang relatif lebih murah; serta pembelian melalui internet akan diikuti
dengan layanan pengantaran barang sampai di tempat pemesan.
2.3 Perangkat Lunak yang Digunakan
Perancangan
E-commerce pada Toko Online Mainan Mocah ini adalah memakai sistem operasi
windows, Adobe Dreamweaver CS3, phpMyAdmin.
3.
ANALISIS
3.1 Gambaran Umum
Mainan Bocah adalah sebuah usaha penjualan aneka
mainan anak dan alat peraga edukatif (APE) secara online. Awalnya hanya dijual
secara fisik, yaitu showroom berada di Gedung PKK Desa Ngrajek Magelang Jawa
Tengah.
Toko online Mainan Bocah ini adalah milik usaha dari
ibu-ibu PKK Desa Ngrajek Magelang yang salah satu program pengembangan
kesejahteraan keluarga adalah perhatian terhadap pendidikan, terutama
pendidikan usia dini.
Diawali ketika dilakukan rapat koordinasi rutin oleh
anggota ibu-ibu PKK yang merasa bahwa hasil dari produksi selama ini yang hanya
dipasarkan melalui media tatap muka langsung ke instansi pendidikan tingkat TK
dan PAUD di lingkungan sekitar yang hasilnya cenderung stagnan maka dengan
pemasaran melalui e commerce pemasaran
akan tanpa batas ruang dan waktu.
3.2. Analisis
Sistem
Dalam membangun sebuah sistem membutuhkan langkah –
langkah yang bertahap yang telah ditentukan sebelumnya sehingga dalam membangun
sebuah sistem dapat mengenai sasaran. Salah satu tahap yang diperlukan adalah
tahap analisis. Dalam tahap analisis ini dapat dilakukan dengan studi banding
ke pihak yang telah mempunyai pengalaman di bidang penjualan online atau kepada
pihak programmer.
3.3. Perancangan
Sistem
Perancangan sistem secara umum merupakan tahap
persiapan dan perancangan secara rinci terhadap sistem informasi penjualan
berbasis website yang akan dibangun. Adapun langkah-langkah yang harus
diperhatikan dalam perancangan sebuah sistem yaitu perancangan proses
penyimpanan database dan perancangan form.
Diagram konteks yaitu diagram yang digunakan untuk
menggambarkan hubungan sistem dengan entitas luar sistem. Sebelum membuat
diagram konteks, terlebih dahulu menentukan entitas luar, masukan serta
keluaran. Entitas luar, Entitas luarnya adalah Konsumen/user, Admin dan
Pimpinan. Masukan, masukannya adalah Proses penjualan komputer.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
RENCANA IMPLEMENTASI
Supaya kegiatan implementasi dapat beroperasi sesuai
dengan yang diharapkan maka perlu jadwal rencana kegiatan implementasi. Adapun
jadwal kegiatan implementasi adalah sebagai berikut:
1.
Implementasi
Basis Data
2.
Implementasi
Program dan uji coba program
3.
Instalasi
perangkat hardware dan software
4.
Pengetesan
sistem
2.
IMPLEMENTASI BASIS DATA
Implementasi basis data meliputi penentuan tipe data
pada masing-masing field sekaligus pembuatan daripada database tersebut,
berikut adalah implementasi dari database yang telah direncanakan.
Mysql adalah sebuah database yang mampu berinteraksi
dengan apa saja, untuk dapat menghubungkan database dengan program aplikasi php
diperlukan beberapa fungsi yang sudah ada di mysql, seperti mysql_connect(), mysql_select_db(), dan
sebagainya.
3.
IMPLEMENTASI PROGRAM
Pemrograman merupakan tahap implementasi dimana dilakukan
pengkodean berdasarkan hasil perancangan perangkat lunak yang telah dibuat
sehingga berbentuk system baru yang
sedemikian rupa yang telah direncanakan, pengkodean ini dilakukan denga7n
menggunakan bahasa pemrograman PHP, sedangkan database yang digunakan adalah
MySql. Berikut ini adalah hasil implementasi program dalam bentuk form atau
halaman sesuai degan yang telah direncanakan.
3.1 Tampilan Halaman Utama
Index adalah halaman yang pertama kali muncul waktu
website dibuka. Didalam halaman index terdapat shortcut-shortcut yang berfungsi
untuk sambungan menuju halaman-halaman lainnya.
3.2
Halaman Keranjang
Halaman keranjang ini adalah untuk membeli produk yang bias kita tambah
ataupun dikurangkan. Semua barang yang dipesan akan masuk dikeranjang.
3.3
Halaman Telah Melakukan Transaksi
Halaman ini merupakan halaman bila user sudah membeli
produk yang ditawarkan.
Bagian ini berfungsi sebagai alat untuk memfilter admin yang tidak berhak
untuk mengakses aplikasi ini karena pada halaman ini dapat mengontrol semua isi
website.
3.5
Halaman
Utama Admin
Pada halaman ini terdapat menu –
untuk menginput, mengubah dan mendelete barang komputer berikut halaman utama admin
4.
UJI
COBA PROGRAM
Dalam uji coba program ini terdapat 2 macam uji coba program yang dilakukan yaitu uji
coba black box dan uji coba white box.
4.1 Uji coba black box
Uji coba black box dapat melakukan testing interface perangkat lunak.
Test case ini bertujuan untuk menunjukkan fungsi perangkat lunak tentang cara
beroperasi.
Lebih
spesifik, metode ini bertujuan untuk mencari kesalahan pada:
a.
Fungsi yang salah/hilang
- Kesalahan
pada interface
- Kesalahan
pada struktur data/akses database
- Kesalahan
performa
- Kesalahan
instalasi dan tujuan akhir
Salah satu bentuk uji coba black box adalah testing validasi. Uji coba
ini dinyatakan berhasil jika fungsi-fungsi yang ada pada perangkat lunak sesuai
dengan apa yang diharapkan pemakai. Contoh testing validasi sebagai berikut.
Saat pengisian login userID dan passID, admin diwajibkan untuk memasukkan userID dan passID. Jika ketika
tombol submit di klik maka akan menampilkan pesan kesalahan bahwa userID dan passID harus dimasukkan.
4.2 Uji coba white
box
Uji coba white box adalah perancangan test case yang menggunakan struktur
kontrol dari perancangan prosedural untuk mendapatkan test case. Dengan metode
white box perekayasa dapat meakukan test yang :
a. Memberikan
jaminan bahwa semua jalur independent pada semua modul telah digunakan paling tidak satu kali.
b. Menggunakan
keputusan yang logis pada sisi true dan false.
c. Mengeksekusi
semua loop pada batasan operasional.
d. Menggunakan
struktur data internal untuk menjamin faliditasnya.
Test ini dimaksudkan untuk meramalkan cara kerja perangkat lunak secara
detail. Karena logical patch (jalur logical) perangkat lunak akan di test
dengan menyediakan test case yang akan mengerjakan kumpulan kondisi dan atau
pengulangan secara fisik.
4.3 Instalasi
Perangkat Hardware Dan Software
Instalasi hardware dan software merupakan rangkaian dari kegiatan
implementasi sistem agar sistem yang baru dapat diterapkan dan digunakan.
a.
Instalasi hardware
Instalasi dilakukan dengan merakit sebuah komputer yang digunakan untuk
server yang nantinya akan melayani para client dalam mengerjakan kegiatan jual
beli produk melalui jaringan internet. Adapun spesifikasi hardware dan software
yang digunakan dalam pembuatan website e-commerce ini adalah sebagai berikut:
Hardware yang digunakan dalam
pembuatan website adalah :
1. Prosesor
Intel(R) Core (TM) i3-2370M CPU @2.40 GHz
2. 2
GB RAM
3. 500
GB Harddisk
b.
Instalasi software
Instalasi software merupakan kegiatan lanjutan dari instalasi hardware,
agar dapat menjalankan sistem baru yang telah dibuat. Instalasi software ini
meliputi instalasi database dan program penjualan berbasis web itu sendiri
sehingga aplikasi/sistem tersebut siap untuk dijalankan.
Software yang di gunakan dalam
pengembangan sistem informasi yaitu:
1. Sistem
Operasi Windows 7
2. Adobe
Dreamweaver MX 2004
3. Google
Chrome
4. Xampp
5.
PENGETESAN
SISTEM
Pengetesan sistem dilaksanakan setelah dilakukan pengujian program.
Tujuan pengujian sistem adalah untuk mengetahui bahwa komponen-komponen sistem
telah berfungsi dengan baik. Tujuan lain dari proses ini adalah untuk
mengetahui kelemahan ataupun kesalahan sehingga perlu dilakukan perbaikan. Pada
tahapan ini personil yang terlibat antara lain user yang melakukan kegiatan
pengolahan data dan manajemen sebagai pihak yang memperoleh hasil proses
pengolahan data.
Dalam kasus ini personil yang terlibat adalah pengunjung atau user, dan
admin sebagai pemilik. Tahapan pengetesan ini dilakukan dengan cara melakukan
proses pemesanan seperti yang biasa dilakukan, hanya saja yang membedakan
proses ini dari biasanya adalah proses dilakukan dengan menggunakan sistem yang
baru. pencatatan data pesanan melalui internet kemudian data tersebut
dikirimkan ke server untuk kemudian dilakukan proses lebih lanjut.
6.
ALOKASI
BIAYA
Biaya yang
dialokasikan untuk mewujudkan gagasan pembuatan website guna melaksanakan
pemasaran dan penjualan e commerce dikarenakan
pihak dari anggota ibu-ibu PKK tidak mempunyai kapasitas keahlian dalam bidang
pembuatan desain, hosting, domain dan set up engine maka menggunakan jasa dari
pihak ahli IT.
Jumlah per unit
|
Sarana yang dibutuhkan
|
Biaya (Rp)
|
1 set
|
Komputer server + admin
|
4.500.000
|
1
|
Modem
|
400.000
|
1
|
Kabel UTP
|
60.000
|
Camera digital
|
1.000.000
|
|
1
|
Router
|
250.000
|
1
|
Switch hub
|
75.000
|
1
|
Kartu internet
|
50.000
|
1
|
Hosting
|
650.000
|
1
|
Domain
|
100.000
|
1
|
Biaya pemasangan
|
150.000
|
Total
|
7.235.000
|
*Biaya-biaya sebagian diperoleh dari jasa
penawaran paket e bisnis www.cmsplasa.com
BAB
III
KESIMPULAN
Karena fokus dari e commerce Toko Online Mainan Bocah ini
adalah dalam penjualan produk maka diperlukan desain yang menarik disertai
dengan gambar barang (mainan) yang dijual beserta nominal harga, disamping itu
juga harus memberikan informasi tentang produk dengan jelas, contack person dan
juga alamat showroom apabila ada calon pelanggan yang ingin melihat produk
secara langsung.