Jumat, 19 Desember 2014

Pembayaran Elektronik - Online

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan dunia bisnis inline yang salah satunya bisa di lihat dari semakin banyaknya berbagai macam toko online, forum jual beli maupun blog yang menawarkan berbagai macam jenis barang dan jasa di internet, maka secara otomatis diikuti juga dengan perkembangan jasa pembayaran untuk memudahkan transaksi di bisnis online.
Pembayaran secara online yang bisa dilakukan secara real time tentu saja sangat memudahkan para pebisnis online untuk menjalankan usahanya, begitu juga dengan para buyer yang berniat untuk membeli barang atau jasa secara online, dengan sekali klik uang terkirim tanpa repot mencari ATM maupun pergi ke Bank dan seller pun siap mengirimkan produk yang dijualnya.

Karakteristik pembayaran elektronik:
  • Applicability: penerimaan dari user ketika menggunakan cara itu untuk membeli barang/jasa.
  • Easy to use: sistem mudah digunakan oleh siapa saja.
  • Security: sangat memperhatikan keamanan nilai uang. Penambahan, perubahan, dan pengurangan nilai uang harus dilindungi. Ototrisasi terhadap nilai uang hanya bisa dilakukan oleh user saja.
  • Reliability: Sistem Berjalan dengan baik dan handal.
  • Trust: tingkat kepercayaan terhadap kemanan uang dan informasi personal
  • Scalability: sistem harus terukur dengan perubahan waktu
  • Convertibility: memungkinkan dilakukan konversi uang dari satu cara ke cara lainnya termasuk poin ke uang
  • Interoperability: sistem dapat dioperasikan oleh banyak penyedia layanan.
  • Efficiency: biaya yang reasonable dalam menangani micro-payment.
  • Anonymity: mengutamakan privasi untuk melindungi identitas user
  • Traceability: memungkinkan untuk menelusuri keuangan dalam sistem dengan anonymity untuk membangun kepercayaan.
  • Authorization type: walaupun secara offline atau online transaksi dapat dilakukan dengan cara yang sama.
  Macam-macam Pembayaran :
  • Paypal, adalah salah satu alat pembayaran online yang paling terkenal di dunia maya. Paypal banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pembayaran oleh banyak situs jual beli online ternama saat ini. Paypal memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, dengan memiliki rekening paypal jual beli online terasa sangat mudah dan praktis. Sampai tulisan ini dibuat paypal sudah menerima lebih dari 190 negara termasuk Indonesia dan juga sudah support dengan Bahasa Indonesia.
  • Liberty Reserve, merupakan satu e-currency (mata uang elektronik) yang dibackup penuh oleh USD untuk LR-USD atau Euro untuk LR-EU. Alat pembayaran online ini lebih sering dipakai di Hyip, Forex Trading maupun Valas.
  • Alert Pay, Salah satu metode pembayaran yang cukup fleksible adalah Alert Pay. Kebanyakan Alert Pay di pakai untuk bisnis online model Pay To Click (PTC). Alert Pay memiliki kemudahan untuk mencairkan uang yang terdapat di rekening Alert Pay ke tujuan Bank lokal (witdhrawal).
  • Ipaymu, ini adalah metode pembayaran online yang terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran online seperti  kartu debit, kartu kredit, bahkan penarikan uang dan pengiriman uang
  • Western Union: Western Union adalah jasa pengiriman uang dari dan ke berbagai negara di dunia. Western Union menggunakan tekologi elektronik yang secara online dan real time menjangkau ke berbagai pelosok / penjuru dunia termasuk Indonesia. Jutaan orang setiap tahun menggunakan WU sebagai jasa kirim / transfer uang karena aman, mudah, cepat dan terpercaya yang telah melayani banyak negara di dunia.

Bentuk / cara pembayaran yang digunakan  di Internet umumnya bertumpu pada sistem keuangannasional, tapi ada juga beberapa yang mengacu kepada keuangan lokal / masyarakat. Adapun klasifikasi berbagai mekanisme pembayaran tersebut :
a. Transaksi model-ATM
Yang menyangkut  hanya institusi finansial dan pemegang account yang akan melakukan pengambilan atau mendeposit uangnya dari account masing-masing.

b. Pembayaran dua pihak tanpa perantara.
Transaksi dilakukan langsung antara dua pihak tanpa perantara menggunakan uang nasional-nya.
Pada prinsipnya adalah jasa-jasa yang bersifat barter atau exchange / pertukaran. Jasa demikian sangat banyak di Internet kadang-kadang muncul kadang mati tentunya. Beberapa diantara jasa barter ini antara lain adalah:
  • International Reciprocal Trade Association  http://irta.net/ yang berusaha untuk memajukan  industri  jasa barter di dunia ini  dan menaikan nilai tambah dari  industrin jasa tersebut.
  • Global Village Bank http://www.gvb.org memfasilitasi pertukaran jasa yang berkaitan dengan komputer / internet.
Sebetulnya masih banyak lagi  perusahaan seperti itu,  hanya mereka umumnya  mencantumkan nomor 800 mereka – hal ini menunjukan bahwa transaksi melalui Internet belum tentu seaman cara transaksi yang lain.

c. Pembayaran dengan perantaraan pihak ke tiga.
Umumnya proses pembayaran yang menyangkut debit, kredit maupun check masuk dalam kategori ini.
Ada beberapa metoda pembayaran yang dapat digunakan, yaitu:
  •          Sistem pembayaran kartu kredit on-line.
  •    Sistem pembayaran check on-line.
 d. Pembayaran dengan E-wallet
Adalah mata uang digital dan hanya bisa dicairkan melalui rekening bank atau ATM. E-Wallet merupakan dompet elektronik yang kini mulai banyak dirasakan manfaatnya oleh pengguna. E-Wallet ini mendukung penggunanya untuk melakukan transaksi melalui rekening bank.
Sehingga, yang dibayarkan bukanlah berupa uang tunai, tetapi menyerupai pembayaran seperti halnya kartu kredit. Bank yang mendukung sistem E-Wallet ini harus telah mendukung sistem online dalam transaksi yang akan dijalankan oleh pembeli dan penjual.
Pembayaran dilakukan dengan menyimpan nomor kartu kredit anda ke hardisk dalam kondisi terenkripsi dengan aman. Pembelian dilakukan pada situs web yang mendukung e-wallet tersebut. Pada saat tombol “pay” ditekan maka proses pembayaran melalui kartu kredit akan dilakukan transaksinya secara aman oleh server perusahaan e-wallet. contohnya : Pembayaran transaksi pada toko online. Pembayaran dengan cara ini memudahkan dalam pembelian antar negara, karena tidak smua bank dapat mentransfer uang secara langsung dari satu bank ke bank lainnya.

e. Pembayaran dengan Micropayment 
Adalah salah satu alternatif pembayaran elektronik  dengan pembayaran melalui internet ataupun media lain, dilakukan untuk jumlah uang yang relatif kecil dan intensitas transaksi yang tinggi. Beberapa alasan penggunaan alat pembayaran dengan micropayment adalah sebagai berikut :
- Transaksi yang dilakukan lebih praktis dan fleksibel karena tidak membutuhkan pembayaran dengan cash.
- Transaksi dapat dilakukan dimana saja secara mobile.
- Waktu transaksi lebih efisien
- Banyak transaksi yang dapat dilakukan misal pembayaran berbagai macam tagihan rekening misalnya ; telepon, internet, listrik, perbankan, dll.

Ada berbagai macam alat pembayaran dengan micropayment yaitu : Mobile Payment, Mobile Banking, dan sebagainya.
contohnya : pembayaran biaya download mp3 dari mp3 server, dengan menggunakan kartu kredit tidak efisien dan memerlukan biaya yang besar karena harus dilakukan berulang kali.

Teknologi pembayaran elektronik atau E-payment memiliki berbagai manfaat, diantaranya :
·         Meningkatkan efisiensi pembayaran.
·         Meningkatkan loyalitas konsumen
·         Meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu.
·         Memberikan kemudahan pembayaran dan perluasan media pembayaran.


https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=3464941818619922101#editor/target=post;postID=7026700585709558153
http://melairahmawati.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar